Sistem dan Lingkungan Bisnis

Perusahaan & Lingkungan Bisnis

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi, untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikannya serta melakukan upaya-upaya lain untuk memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat (Fuad, et al, 2000)


Sistem Perusahaan

Kombinasi dari semua sumber-sumber ekonomi yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi produksi dan distribusi barang-barang dan jasa-jasa untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

 

Sifat dari Sistem Perusahaan

  • Kompleks
  • Merupakan suatu unit/kesatuan
  • Berjenis-jenis
  • Dinamis
  • Saling bergantung

 

Lingkungan Perusahaan

  • Lingkungan bisnis memiliki arti yang luas karena menunjukkan seluruh pengaruh eksternal terhadap organisasi.
  • Lingkungan bisnis menunjukkan keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern Badan Usaha atau Industri yang mempengaruhi kegiatan Organisasi
  • Memiliki tiga konsep, yaitu 1) Fakta objektif, 2) Fakta subjektif, 3) Pembagian antara organisasi dan lingkungan tidak jelas, dan lingkungan tercipta dan didefinisikan oleh individu

 

Lingkungan Internal Keunggulan Kompetitif

Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif ketika perusahaan tersebut mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain

 

Kompetensi Inti

  • Kompetensi inti memiliki potensi untuk menjadi kekakuan inti (core rigidities)
  • Core rigidities adalah bentuk lampau kompetensi inti yang menebarkan benih kelambanan, inersia organisasi, strategic myopia, dan menghalangi perusahaan merespons perubahan lingkungan eksternal secara layak
  • Kondisi yang mempengaruhi keputusan manajerial tentang sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi inti: ketidakpastian, kompleksitas, dan konflik intraorganisasi

 

Bagaimana Menetapkan Visi

1. Ideologi Inti (Yin) melengkapi Visi masa depan (Yang)

2. Ideologi Inti (core ideology):

  • Karakter abadi sebuah Organisasi
  • Menjadi perekat bagi sebuah organisasi.

3/ Nilai Inti (core value):

  • Sebuah sistem yg mengarahkan ajaran-ajaran dan prinsip.

4. Tujuan Inti (core purpose):

  • Alasan yg paling fundamental mengenai keberadaan sebuah organisasi
  • Mencerminkan motivasi ideal

 

SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats)

  • Digunakan untuk mengevaluasi kesempatan dan tantangan di lingkungan bisnis maupun pada lingkungan internal perusahaan

Analisis SWOT:

Matriks SWOT (4 alternatif strategi) -> positioning -> dinilai menggunakan hasil identifikasi SWOT -> pemberian skor untuk setiap aspek internal maupun eksternal -> skor total -> grafik positioning

Environments of Business

  1. Economic
  2. Technological
  3. Social
  4. Competitive
  5. Global

 

Economic Environment

  1. Freedom of ownership
  2. Contract laws
  3. Elimination of corruption
  4. Tradable currency
  5. Minimum taxes & regulation

 

Government Affects Business By Being:

  1. A Customer
  2. An Overseer and Regulator
  3. A Tax Collector

 

Technological Environment

  1. Internet
  2. E-commerce
  3. Role of Intermediaries ?
  4. Responsiveness to Customer
  5. Information Management

 

Internet Impact

  1. Communications
  2. Access
  3. No Borders

 

E-commerce Explosion

  1. Transaction costs
  2. Size of purchase per transaction
  3. Integration
  4. Flexibility
  5. Catalog size
  6. Customer Interaction

 

Changing Intermediaries

Competitive Environment

1. Customer Service 

  • Customer Demands
  • Speed

2. Community/Stakeholder Needs

3. Employee Needs/Stockholders

4. Natural/Ecological Concern

 

Social Environment

  1. Diversity/Multicultural
  2. Aging/Graying of America
  3. Two Income Families
  4. Single Parent Families

 

Global Environment

  1. Quality
  2. Productivity
  3. Changes

 

Dealing With A Multicultural Workforce

  1. Show Respect for Culture/Value of Others
  2. Avoid Stereotyping
  3. Include All Workers in Acculturalization
  4. Be Empathetic But Be Yourself
  5. Avoid Imposing Your Culture/Values on Others

 

Analisa struktural dari Industri
Dalam ruang lingkup domestik maupun internasional, sifat dari persaingan dibentuk dari lima kekuatan kompetitif :

  1. Persaingan antar Kompetitor Uang
  2. Ancaman pendatang baru
  3. Daya tawar supplier
  4. Daya tawar konsumen
  5. Ancaman dari barang atau jasa substitusi

 

Analisis Pesaing

Tindak lanjut analisis industri adalah analisis yang efektif mengenai Pesaing (Competitors) 

1. Asumsi

  • Asumsi apa yang dipegang pesaing mengenai masa depan industri dan perusahaan mereka?

2. Strategi Saat ini

  • Apakah strategi kita sekarang mendukung perubahan lingkungan kompetitif?

3. Tujuan Mendatang

  • Bagaimana tujuan kita jika dibandingkan dengan tujuan pesaing?

4. Kapabilitas

  • Bagaimana kapabilitas kita jika dibandingkan dengan pesaing?

5. Respon

  • Apa yang akan dilakukan pesaing di masa mendatang?
  • Pada sisi apa kita memiliki keunggulan kompetitif?
  • Bagaimana hal tersebut mengubah hubungan kita dengan pesaing?

 

Analisis Lingkungan Eksternal

  • Analisis PEST -> membantu menyusun ganbaran yang komprehensif dan logis mengenai lingkungan mereka dari berbagai aspek
  • Alat analisis Dartboard -> menggambarkan lingkungan dan membantu untuk mengidentifikasi dan memahami betapa kompleksnya kekuatan dan proses lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 komentar: