Penawaran dan Permintaan Uang

Penawaran Uang

Pada hakikatnya, penawaran uang adalah jumlah uang yang tersedia dalam suatu perekonomian. Kita telah mengenal kebijakan moneter, yaitu kebijakan yang bertujuan untuk mengatur penawaran uang / mengatur jumlah uang yang beredar. Jadi penawaran uang merupakan tugas pemerintah melalui bank sentral (Bank Indonesia).


Kurva Penawaran Uang

Kurva penawaran uang pada umumnya memiliki slope positif. Seperti halnya kurva permintaan uang, jumlah uang yang beredar juga dipengaruhi oleh tingkat bunga.


Pergeseran Kurva Penawaran Uang

Faktor-faktor yang mempengruhi pergeseran kurva penawaran uang, adalah:

  • Tingkat Bunga
  • Tingkat Inflasi
  • Tingkat Produksi dan Pendapatan Nasional
  • Kondisi Kesehatan Dunia Perbankan.
  • Nilai Tukar Rupiah.


Permintaan Uang

Permintaan uang adalah istilah yang digunakan oleh para ekonom untuk menerangkan mengapa individu dan perusahaan memegang uang (mengapa bukan mempertahankan aset yang lain).


Alasan Permintaan Uang

  1. Kebutuhan untuk melakukan transaksi / Transaction demand. Menunjukkan bahwa orang perlu uang untuk membeli sesuatu
  2. Kebutuhan untuk berjaga-jaga / Asset demand. Menunjukkan keinginan untuk memiliki harta/aset yang sangat lancar dan bebas resiko. 

Permintaan uang dipengaruhi oleh 3 hal. Ketiga hal ini pada prinsipnya sejalan dengan teori pendapatan yang dikemukakan oleh J.M. Keynes.

  1. Kebutuhan Bertransaksi (Transction Demand)
  2. Kebutuhan Berjaga-Jaga(Precautionary Demand)
  3. Kebutuhan Berspekulasi (Speculative Demand)

Kurva Permintaan Uang

Jika tingkat bunga meningkat, permintaan atas uang akan turun, dan sebaliknya jika tingkat bunga turun, permintaan atas uang akan naik (Cateris Paribus). Jadi permintaan uang akan turun ketika tingkat bunga meningkat karena orang tidak tertarik menyimpan uang yang dimilikinya. Uang menjadi produktif karena digunakn untuk kegiatan ekonomi rill.

Jumlah uang yang diminta sebagai penyimpan nilai kekayaan (aset) tergantung pada :

- Tingkat bunga

- Ceteris Paribus
   Fungsi
   Qd = f(i)
   Ket : Qd : jumlah yang diminta sebagai aset
   i : tingkat bunga


Pergeseran Kurva Permintaan Uang
Jika ada perubahan dalam kekayaan, permintaan uang akan meningkat dan jika kekayaan menurun, permintaan uang akan menurun. Dari perubahan kekayaan masyarakat itu maka ikut mempengaruhi transaction demand, precautionary demand, maupun speculative demand.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar